RSS

To Notebook of Naval Architecture and Chemistry

GOLONGAN IIA (ALKALI TANAH)

GOLONGAN IIA (UNSUR ALKALI TANAH)


    Unsur Alkali Tanah mempunyai sifat yang menyerupai unsur Alkali. Unsur Alkali Tanah umumnya merupakan logam, cenderung membentuk ion positif, dan bersifat konduktif, baik termal maupun elektrik. Unsur Alkali Tanah kurang elektropositif (lebih elektronegatif). Semua unsur Golongan IIA adalah Berilium (Be), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), Stronsium (Sr), Barium (Ba), dan Radium (Ra). radium jarang dipelajari sebagai salah satu anggota unsur Golongan IIA, sebab Radium adalah unsur Radioaktif yang tidak stabil dan cenderung meluruh membentuk unsur baru lainnya. Konfigurasi elektron menunjukkan unsur-unsur Golongan IIA memiliki dua elektron valensi. Dengan demikian, untuk mencapai kestabilan, unsur Golongan IIA melepaskan dua elektron memmbentuk ion bermuatan positif dua (M2+).
   Tiga hal yang perlu diingat untuk logam Alkali Tanah adalah (Anonimous, 2009):
  1. Logam Alkali Tanah cenderung kehilangan dua elektron untuk membentuk ion M2+ (Be2+, Mg2+ , Ca2+, dan sebagainya).
  2. Logam ini kurang reaktif daripada logam disebelah kirinya, yakni logam alkali. Magnesium kurang reaktif dari sodium; kalsium kurang aktif dari potasium, dan sebagainya.
  3. Kereaktifan logam ini semakin meningkat dari atas ke bawah, yang mana radium bersifat lebih reaktif daripada barium; Barium lebih reaktif daripada Kalsium; dan sebagainya.
   Unsur Alkali Tanah yang tergolong memilki reaktifitas tinggi (meskipun kuarang reaktif kalau dibandingkan unsur golongan alkali), sehingga tidak ditemukan dalam bentuk monoatomik, unsur ini muadah bereaksi dengan oksigen, dan logam murni yang ada di udara, membentuk lapisan luar pada oksigen.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar