RSS

To Notebook of Naval Architecture and Chemistry

Ukuran-ukuran utama yang perlu diperhatikan dalam menentukan kapal pembanding

Ukuran-ukuran utama yang perlu diperhatikan dalam menentukan kapal pembanding adalah :
§  Lpp (Length between perpendicular)
Panjang yang di ukur antara dua garis tegak yaitu, jarak horizontal antara garis tegak buritan (After Perpendicular/ AP) dan garis tegak haluan (Fore Perpendicular/ FP).
§  Loa (Length Of All)
Panjang seluruhnya, yaitu jarak horizontal yang di ukur dari titik terluar depan sampai titik terluar belakang kapal
§  Bm  (Moulded Breadth)
Yaitu lebar terbesar diukur pada bidang tengah kapal diantara dua sisi dalam kulit kapal untuk kapal-kapal baja atau kapal yang terbuat dari logam lainnya. Untuk kulit kapal yang terbuat dari kayu atau bahan bukan logam lainnya, diukur jarak antara dua sisi terluar kulit kapal.
§  H (Height)
Yaitu jarak tegak yang diukur pada bidang tengah kapal, dari atas lunas sampai sisi atas balok geladak disisi kapal.
§  T (Draught)
Yaitu jarak tegak yang diukur dari sisi atas lunas sampai ke permukaan air.
§  DWT (Dead Weight Ton)
Yaitu berat dalam ton (1000 kilogram) dari muatan, perbekalan, bahan bakar, air tawar, penumpang dan awak kapal yang diangkut oleh kapal pada waktu dimuati sampai garis muat musim panas maksimum.
§  Vs (Service Speed)
Ini adalah kecepatan dinas, yaitu kecepatan rata-rata yang dicapai dalam serangkaian dinas pelayaran yang telah dilakukan suatu kapal. Kecepatan ini juga dapat diukur pada saat badan kapal dibawah permukaan air dalam keadaan bersih, dimuati sampai dengan sarat penuh, motor penggerak bekerja pada keadaan daya rata-rata dan cuaca normal.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar