RSS

To Notebook of Naval Architecture and Chemistry

Pertimbangan Penempatan Ruang Mesin pada Kapal Tanker

Pertimbangan Penempatan Ruang Mesin pada Kapal Tanker
Pada umunya letak kamar mesin pada kapal tanker berada di bagian belakang kapal, hal ini karena mempertimbangkan beberapa hal, antara lain :
  • Panjang Poros
Panjang poros kapal akan menjadi lebih pendek karena letak ruang mesin yang dekat ke bagian buritan kapal, dimana terpasang propeller,akibat dari panjang poros yang pendek tersebut, kerugian (loss) yang didapat akibat gesekan dengan penumpu poros (bearing) dapat seminim mungkin karena jumlag penumpu dapat seminimal mungkin, sehingga DHP ( delivery horse power) yang  didapatkan akan lebih besar.
Selain itu, panjang poros yang pendek akan mengurangi biaya untuk pembangunan kapal, karena poros yang panjang akan membutuhkan lebih banyak konstruksi untuk menyangga sistem perporosan tersebut, disamping itu juga, haraga poros yang mahal.
  • Kerumitan Konstruksi
Pada kapal tanker, bila ruangan mesin terletak tidak pada bagian dekat buritan kapal, akan terjadi komplikasi atau kerumitan konstruksi terowongan poros  dengan cofferdam.
  • Volume Ruang Muat
Volume ruang muat yang akan didapatkan lebih besar bila ruang mesin terletak dekat dengan buritan, dengan asumsi semua ruang muat berada di depan ruang mesin, karena volume ruang muat tidak akan terkurangi dengan struktur maupun konstruksi yang berada di belakang ruang mesin, seperti terowongan poros dan ruang poros kemudi.
clip_image002
Kapal Tanker

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar